PRESS :

Press release Sekretariat DPRD Barito Utara Klik di sini!

25 Anggota DPRD Barito Utara Periode 2024-2029 Dilantik

Setwan Barut – Muara Teweh. Sebanyak 25  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara  terpilih untuk masa keanggotaan 2024-2029 resmi dilantik pada Senin (19/8/24). Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 188.44/286/2024 tentang Peresmian Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Masa Jabatan 2024-2029.

Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sugiannur, S.H.,M.H, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Barito Utara. Turut hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Jufriansyah, M.A.P, serta sejumlah pejabat dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Barito Utara untuk masa keanggotaan 2024-2029 dijabat oleh Ketua Ir. Hj. Mery Rukaini, M.I.P dan Wakil Ketua H.Parmana Setiawan, S.T.

Pimpinan sementara DPRD Ir.Hj. Mery Rukaini, M.I.P dalam sambutannya menekankan pentingnya tanggung jawab moral dan konstitusional yang harus diemban oleh  setiap anggota dewan yang terpilih. Sumpah janji yang baru saja diucapkan merupakan  awal untuk melaksanakan pengabdian dan amanah dari konstituen kita dari daerah pemilihan masing-masing. Selain itu DPRD memiliki tiga fungsi utama yaitu Pembentukan Peraturan Daerah, Anggaran dan Pengawasan.  Ketiga fungsi ini harus dilaksanakan secara sinergis dan terpadu.

Pj. Bupati Barito Utara  Drs.Muhlis, membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang mengingatkan para anggota DPRD untuk selalu menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya sinergitas antara DPRD dan pemerintah daerah untuk memecahkan berbagai persoalan kerakyatan di tingkat lokal dan mendukung agenda prioritas nasional, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

“Semoga seluruh anggota DPRD dapat memaksimalkan peran dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, baik dalam hal pengawasan, masa persiapan, hingga pelantikan kepala daerah terpilih,” katanya.

Pj. Bupati juga mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 atas pengabdian mereka.

“Semoga amanah ini dapat dijalankan dengan penuh komitmen dan tanggung jawab yang tinggi, serta terus istiqomah dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Barito Utara. Dan besar harapan kami, kita mampu bersinergi bersama didalam membangun Kabupaten Barito Utara yang mandiri, berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera dan berakhlak.

  • Penulis : Henny
  • Redaktur : Sudiyono
  • Foto : Johnilei
POSTED BY
admin

Leave A Comment

Copyright 2023 All Rights Reserved